Emak-Emak-Madura-Seperti-Emas-Berjalan-Ketika-Pergi-Kondangan

Emak-Emak Madura Seperti Emas Berjalan Saat Pergi Kondangan

Video emak-emak di Madura Viral karena memakai perhiasan seperti ‘toko emas berjalan’ ketika menghadiri kondangan. Gaya emak-emak tersebut memakai gelang serta kalung emas yang super besar dengan jumlah yang sangat banyak. Prof Dra Myrtati Dyah Artaria MA PhD  sebagai Pakar Antropologi Universitas Airlangga (Unair) menyebut tentang penggunaan perhiasan dengan jumlah banyak. Serta berukuran besar telah terjadi sejak dulu. Hal itu karena, telah menjadi budaya.

Emak-Emak-Madura-Seperti-Emas-Berjalan-Ketika-Pergi-Kondangan

“Jika sejak kapan saya tidak tahu pasti, saya dapat memastikan bahwa ketika saya kecil sudah seperti itu, telah setengah abad. Berarti kemungkinannya sebelum saya lahir memang sudah seperti itu. Sebenarnya tidak perlu di herankan jika dari segi kebudayaan, itu merupakan sesuatu yang di praktikkan oleh ungkap manusia,” kata Prof Myrta sapaan akrabnya.

Adanya Budaya Pamer

Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unair ini juga menambahkan. Bahwa fenomena ini juga sudah semakin jadi dengan adanya dukungan perkembangan teknologi. “Tentang fenomena yang mana seakan-akan sedang pamer, itu bukanlah hal yang baru. Pada intinya bahwa di zaman saya sudah ada. Kalau sekarang ini malah lebih ada yang baru lagi, karena terdapat versi digital,” tambahnya.

Prof Myrta kemudian menjelaskan tentang budaya pamer. Misalnya saja jika seseorang memamerkan sesuatu yang di miliki sampai timbul reaksi dari orang lain yang melihat. Orang tersebut tentu akan merasa senang lalu mendapatkan kepuasan tersendiri. Apalagi, manusia memang senang jika status sosialnya dapat posisi tinggi.

Baca Juga : Bukti Kalau Emak-Emak Di Indonesia Punya Skill Bawa Motor

Artinya bahwa jika terdapat budaya seperti ini serta menunjukkan posisi sosial tinggi, akan memberikan kepuasan tersendiri kepada orang tersebut. Di beberapa budaya lain, terdapat hak istimewa yang dapat di peroleh saat memperlihatkan kepemilikannya. “Dengan hasil kerja keras, kerjanya sukses jadi mampu membeli ini itu, perhiasan. sehingga ada kaitan dengan status sosial individu,” kata dosen primatologi ini.

Banyak Makna Yang Tersirat

Emak-Emak-Madura-Seperti-Emas-Berjalan-Saat-Pergi-Kondangan

Jika berpenampilan meyakinkan, seperti apa yang di gunakan dari atas hingga ke bawah bermerek. Ini akan menunjukkan tentang tingkat kesuksesan seseorang. “Posisi seperti ini tentu saja memberikan rasa bangga kepada mereka yang melakukan. Sehingga itu alasan kenapa sejumlah orang memamerkan kepemilikannya. Karena mencari kekayaan tersebut sangat sulit. Sehingga jika telah mampu membeli seperti itu kemudian di pamerkan ingin menunjukkan kesuksesannya dan itu sangatlah membanggakan,” ungkapnya.

Sehingga, banyak makna dari penggunaan perhiasan seperti ‘toko emas berjalan’ itu. Bisa jadi tujuannya juga positif, yang ingin menunjukkan pencapaiannya dari kerja keras yang lama sampai sukses.”Banyak makna. Untuk menikmati hidup mereka memang harus luar biasa bekerjanya. Artinya, saat sukses itu pencapaian yang luar biasa. Jadi menunjukkan kesuksesan pada yang lain Dapat menjadi tujuannya positif,” katanya.

Tetapi, untuk daerah persis di Madura mana yang kebanyakan memakai perhiasan banyak itu, dia tidak dapat memastikannya. Namun kebanyakan orang Madura seperti demikian ibu2canggih.id.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *